Abad ke 7, Belitung masih belum ditandai adanya kekuasaan dari kerajaan
mana pun. Kerajaan Sriwijaya pada masa itu hanya menanamkan kekuasaannya
di Pulau Bangka dengan menancapkan sebuah Prasasti Kota Kapur, di
pantai Bangka barat. Prasasti itu merupakan prasasti persumpahan hanya
untuk menundukkan Bangka.
Tahun 899, nama “Belitung†di kenal erat sekali dengan nama raja
Mataram kuno, Maharaja Rakai Watukara Dyah Balitung dari dinasti sanjaya
yang berkuasa di Jawa Tengah dan Timur antara tahun 899 hingga 910.
Nama Dyah Balitung terpahat dalam 14 prasasti Jawa Kuno pada batu dan
tembaga.
Tahun 1293, Majapahit menguasai Bangka dan Belitung maka nama Belitung
tertulis dalam Syair Nagara Kartagama tahun 1365, ditulis oleh Mpu
Prapanca. Pada tahun 1413 kedatangan Laksamana Cheng Ho dari China
menyebutkan Belitung dalam catatan perjalanannya. Tahun 1436, Fei Hsin
ahli sejarah China juga mencatat tentang Belitung.
Pada masa Majapahit, Belitung dipimpin oleh seorang panglima kerajaan
yang disebut Rangga Yuda oleh penduduk disebut Rangga Uda atau Ronggo
Udo berkuasa di Badau. Raja ini memerintah sampai beberapa generasi dan
tiap generasi rajanya tetap saja bergelar dengan sebutan Rangga Uda atau
Ronggo Udo sampai turunan ke tiga atau raja terakhir tak memiliki
keturunan laki-laki sebagai pewaris. Pada masa ini penduduknya masih
memeluk Hindu dan menyembah berhala. Nampaknya riwayat “raja
berekor†yang sekarang jadi legenda hidup di zaman ini.
Masa pemerintahan Rangga Yuda atau Ronggo Udo, dikenal ada empat wilayah
kekuasaan antara lain, wilayah Badau disebut Tanah Yuda atau Singa Yuda
yang berarti negeri panglima atau tempat pemerintahan raja, wilayah
Buding disebut Istana Yuda yang berarti tempat pesanggrahan raja,
wilayah Sijuk disebut Wangsa Yuda atau Krama Yuda yang berarti tempat
keluarga serta abdi raja. dan terakhir adalah Sura Yuda yang berarti
tempat suci raja atau daerah yang dikeramatkan.
Tahun 1520, mundurnya kerajaan Majapahit yang seiring dengan masuknya
Islam di Jawa, Belitung pun kedatangan seorang ulama dari Gresik, yaitu
Datuk Mayang Gresik, menandai masuknya Agama Islam pertama di Belitung,
beliau masuk dari sungai Brang dan berdiam di Pelulusan kemudian
berhasil menarik banyak pengikut hingga beliau mengusai tahta kerajaan
Badau dari tangan raja Ronggo Udo yang terakhir. Setelah Datuk Mayang
Gresik menduduki tahta, beliau juga diberi gelar Ronggo Udo, namun
karena Beliau Islam maka disebut Kiai Ronggo Udo atau Ki Ronggo Udo.
Setelah menguasai Badau beliau tetap berkedudukan di Pelulusan.
Kepercayaan dan agama penduduk terpecah menjadi dua, yang beragama Islam
menjadi kukuh di Pelulusan sedangkan sebagian pemeluk Hindu tetap
bertahan di Badau dan sekitarnya juga di tiga wilayah Yuda lainnya.
Tahun 1590-an, Ki Ronggo Udo atau Datuk Mayang Gresik bersama
pengikutnya yang sudah Islam, memindahkan pusat pemerintahan ke hulu
tepi sungai Balok atau wilayah Dendang dengan alasan lebih memudahkan
pelayaran ke Jawa karena teluk Balok menghadap langsung ke laut Jawa.
Perpindahan pusat pemerintahan ini memunculkan ketidak-senangan dari
penduduk lama yang tetap mau bertahan di Badau terhadap penduduk yang
ikut dengan raja mereka hingga muncul “Persumpahan Perenggu†dan
sumpah itu mengutuk pernikahan antara turunan orang Badau dengan orang
Dendang yang menjadi pengikut Ki RonggoUdo atau Datuk Mayang Gresik.
Kepercayaan terhadap sumpah itu berlangsung hingga beberapa abad.
Sekitar tahun 1600, masuklah seorang bangsawan dari Mataram, Kiai Masud
atau Kiahi Gegedeh Yakob alias Ki Gede Yakob. Ki Gede Yakob adalah putra
Pangeran Kaap seorang mangkub atau bendahara. Ki Gede Yakob juga adalah
ponakan Ki Gede Pamanahan. Sebagai seorang ulama Ki Gede Yakob diterima
baik oleh raja Balok Ki Ronggo Udo atau Datuk Mayang Gresik karena misi
dari ulama Gresik ini belumlah maksimal mengIslamkan penduduk Belitung
apalagi praktek perdukunan dan mistik masih begitu kental merasuki
penduduknya.
Ki Ronggo Udo atau Datuk Mayang Gresik tak memiliki putra mahkota hingga
ketika putri tunggalnya Nyi Ayu Kusuma menikah dengan Ki Gede Yakob
Tahta kerajaan Balok diserahkan Ki Ronggo Udo kepada Ki Gede Yakob.
Penyerahan kekuasaan ini bukan semata karena Ki Ronggo Udo tidak
memiliki putra mahkota tapi Ki Gede Yakob adalah putra keluarga Negara
Mataram yang hampir menguasai seluruh pulau Jawa kecuali Banten,
Cirebon, dan Batavia.
Tahun 1618-1661, Depati Cakraninggrat I Ki Gede Yakob. Penyerahan
kekuasaan dari Ki Ronggo Udo kepada mantunya Ki Gede Yakob lagi-lagi
menimbulkan ketidakpuasan dari empat daerah kecil yang masih dikuasai
oleh turunan keluarga Rangga Yuda atau sisa dari kekuasaan Majapahit
yang dulu berkuasa di Badau, kini masih menguasai tiga wilayah lainnya
yaitu Buding, Sijuk, dan Belantu. Belantu sendiri diam-diam sudah
mengirimkan upeti takluk ke Palembang tidak ke Balok.
Setelah naik tahta tahun 1618, Ki Gede Yakob meminta restu serta
perlindungan kepada Cakrakusuma Agung atau Sultan agung di Mataram atas
kekuasaannya di Balok. Tapi oleh Sultan menganjurkan untuk segera minta
pengakuan serta perlindungan pada raja Palembang karena Palembang masih
dibawahi Mataram ( Palembang dirongrong oleh Banten, sementara Banten
dibayangi oleh Mataram. Tunduknya Palembang pada Mataram hingga tahun
1677 dan Sultan Palembang masih mengirim 10 armada kapal untuk membantu
Mataram dalam pemberontakan Trunojoyo)
Perintah Sultan Mataram untuk minta perlindungan raja Palembang dipenuhi
oleh Ki Gede Yakob kemudian oleh mertuanya yaitu Ki Ronggo Udo mengutus
seorang kepercayaannya yang berasal dari Badau. Utusan ini dikhususkan
guna meminta pengakuan dan perlindungan Palembang atas kekuasaan seorang
putra Mataram. Konon, utusan ini hanya seorang diri dan menyelesaikan
tugasnya hanya beberapa hari saja. Dan utusan itu menjadi terkenal
hingga penduduk melekatkan sebuah senandung yang dikenal sampai kini
“Unggang-Unggit Perau Badau, Sape Kecit Debawak Ngayau†dengan
demikian seluruh sisa dari kekuasaan Majapahit yang tersisa di Belitung
takluk kepada raja Balok keluarga Mataram Islam ini.
Tahun 1661 Ki Gede Yakob menguasai seluruh Belitung atas restu Mataram
dan memerintah Kerajaan Balok dengan pangkat depati dan bergelar
Cakraninggrat dan keturunannya bergelar Kiahi Agus atau Ki Agus untuk
laki-laki, dan Nyi Ayu atau Nyayu untuk turunan perempuan.
Pada masa ini sudah dikenal adanya rumah balai atau rumah adat yang
disebut dengan Ruma Gede. Balai atau rumah adat ini didirikan karena
untuk mengikat penduduk yang terpisah dari empat wilayah serta beragam
etnis yang sudah bermukim di Belitung. Hukum Adat mulai dilakukan dengan
tegas di masa ini, baik perdata atau pidana; misal jika ada yang
membunuh maka si pembunuh harus dihukum gantung, jika ada yang tak
sanggup membayar hutang maka harus menjadi budak dari piutang hingga
hutangnya lunas, jika mengambil istri orang hukumannya dibunuh di
gelanggang umum, jika laki-laki dan perempuan bermuat mesum atau berzina
maka hukumannya dibuang ke laut, dan lain sebagainya.
Pada masa Cakraningrat I seorang ulama Islam, Syech Abdul Jabar
Syamsudin, dari Pasai, menyiarkan agama Islam di Balok dan
memperkenalkan awal kesenian hadra atau rudat. Makam beliau berdekatan
dengan makam Ki Gede Yakob di Balok Lama.
Tahun 1661-1696, Depati Cakraninggrat II atau Ki Agus Abdullah atau KA
Mending alias Ki Mending. Beliau memindahkan pusat pemerintahan ke
Tebing Tinggi atau Balok Baru. Tak diketemukan alasan mengapa beliau
memindahkan pusat pemerintahannya Pada Manukrip yang ditulis oleh KA
Abdul Hamid tahun 1934; Raja Balok ini mengendalikan pemerintahannya
dari tempat pertapaannya. Namun Beliau sesungguhnya tak sepenuhnya
meninggalkan Balok Lama karena Balok Baru hanya berjarak beberapa
kilometer saja.
Tahun 1668, kedatangan kapal Belanda “De Zandloperâ€, dipimpin oleh
Jan de Harde, nampaknya naik ke Balok Lama, dalam risetnya ia
menggambarkan tentang situasi dan kondisi kerajaan Balok termasuk adanya
rumah balai atau rumah adat.
Beliau seorang pertapa, menganut mistis terkenal dengan julukan raja
dukun yang memberikan wewenang kepada para dukun di tiap-tiap kampung
atau kubok. Jadi penduduk tidak lagi perlu meminta izin raja jika mau
menguasai tanah ladang tapi cukup ke dukun. Beliau mencanangkan Tanah
Pusake yang tak boleh diganggu antara lain Tanjung Kelumpang, Hulu
Sungai Lenggang, Hulu sungai Kembiri.
Cakraninggrat II, KA Abdullah atau Ki Mending di makamkan di Balok Baru.
Tahun 1696-1700, Depati Cakraninggrat III, KA Ganding atau Ki Gending,
menjadi raja Balok ke 3 menggantikan Ki Mending. Sebelum beliau meduduki
tahta menggantikan ramondanya, beliau selalu ke Kataram, belajar ilmu
pemerintahan kepada sunan Tegalwangi hingga ketika sudah memerintah,
beliau membagi kekuasaan kepada 4 wilayah yang pada masa Cakraninggrat I
dikuasai langsung oleh raja atau depati Ki Gede Yakob. Ke 4 wilayah ini
dinamakan ngabehi (4 wilayah yang namanya berbau hindu seperti Tanah
Yuda, Istana Yuda, Krama Yuda, Sura Yuda sudah tidak dipakai lagi)
Pemerintahan wilayah di ngabehi dipimpin oleh orang dekat dengan
keluarga raja, ia disebut ngabe atau ngabei yang artinya orang keraton.
Ngabehi adalah wilayah setingkat kecamatan antara lain, Ngabehi Buding,
Ngabehi Badau, Ngabehi Sijuk, dan Ngabehi Belantu.
Pada masa ini mengikisan ajaran yang berbau Hindu terus gencar dilakukan
bersama masuknya ulama-ulama dari Pasai dan seorang anak raja menjadi
ulama yang sangat taat keIslamannya yaitu KA Siasip, beliau sudah
meninggalkan ajaran kaula gusti yang masih melekat dalam ajaran
keluarga di keraton. Sebagai Penghulu Islam, beliau mengajar berbagai
sistem dan tatacara adat-istiadat yang disesuaikan dengan ajaran Islam,
seperti tatacara pernikahan dan perayaan pernikahannya. Sampai KA Siasip
meninggal, beliau tetap dihormati bahkan ada orang mengeramatkan
makamnya yang disebut dengan Keramat Sisil, Konon, ada pohon sisil di
makamnya, jika dipotong dahannya maka akan tumbuh lagi dalam sekejab.
Cakraninggrat III, KA Ganding atau Ki Gending meninggal sewaktu
bekunjung ke Jawa dan di makamkan di Pamanukan Jawa Barat.
Tahun 1700-1740. Depati Cakraninggrat IV, KA Bustam atau Ki Galong.
Beliau adalah adik dari KA Ganding, beliau menjadi raja karena putra
mahkota yaitu KA Siasip tidak berkenan jadi raja, beliau lebih suka
menjadi penghulu. Dan KA Siasip adalah kepala penghulu Agama Islam
pertama di Belitung.
Pada masa pemerintahan KA Bustam, Beliau mengusir seorang seorang ulama
atau seorang guru dari KA Siasip yang bertekad mengIslamkan semua
dukun-dukun yang masih menganut ajaran nenek moyangnya. KA Bustam adalah
penganut kental ajaran mistis yang diturunkan oleh kakeknya Ki Mending.
Pengaruh Ulama Islam begitu mengusik pikiran KA Bustam, ia Khawatir itu
akan menjadi ancaman bagi kedudukannya, karena ia menyadari jika
tahtanya bukanlah haknya meski sudah diserahkan KA Siasip sepenuhnya.
Tahun 1705 KA Bustam mengangkat seorang ulama dari Mempawah, Datuk Ahmad
yang dikenal dengan sebutan Datuk Mempawah untuk menjadi ngabehi di
Belantu. Ulama Mempawah ini masih toleran dengan ajaran mistis atau adat
perdukunan juga masih menghormati adat kematian seperti acara
bilangari.
KA Siasip terus bertekad dengan cara untuk meluruskan ajaran islam
sejatinya meski dapat tantangan dari pamannya sendiri. Dan pada waktu
itu masuk lagi seorang ulama dari Pasai bernama Syech Abubakar Abdullah,
beliau masuk lewat sungai Buding dan berdiam di Ngabehi Buding, di sini
beliau mengIslamkan seorang sakti bernama Tuk Kundo.
Namun kemudian Syech Abubakar Abdullah berhasil dibunuh oleh KA Bustam,
setelah beradu kesaktian masing-masing. Syech Abubakar Abdullah
dimakamkan di Gunung Tajam yang terkenal dengan sebutan Keramat Datuk
Gunong Tajam. Mendengar kejadian itu, Datuk Ahmad atau Datuk Mempawah
jadi kurang simpati lagi kepada raja yang membunuh ulama hingga beliau
khawatir dengan keselamatannya dan kemudian minta perlindungan kepada
Sultan Pontianak. Tahun 1641 ketika menuju Pontinak, meninggal di sana
dan di makamkan di Mempawah.
Seorang anak laki-laki Datuk Ahmad bernama Tining menikahi perempuan
keluarga raja dan Tining diberi gelar Ki Agus. Dan nampaknya KA Tining
adalah orang luar pertama yang mendapatkan gelar Ki Agus. Tahun-tahun
berikutnya laki-laki yang mengawini perempuan keluarga raja selalu
diberi gelar. Misalnya anak KA Munti yang bernama NA Kumal menikahi
Saidin. Dan Saidin diberi gelar hingga menjadi KA Saidin. Keturunan
mereka kemudian menggunakan gelar KA untuk laki-laki dan perempuan tidak
NA tapi sebutan Dayang. Tradisi pemberian gelar dimaksudkan agar
kedekatan anggota keluarga menjadi tidak merasa asing.
Cakraninggrat IV KA Bustam dimakamkan di Balok Baru, satu kompleks dengan KA Mending dan KA Siasip.
Tahun 1740-1755, Depati Cakraninggrat V, KA Abudin menggantikan
ramondanya KA Bustam. Pada masa pemerintahan KA Abudin Balok mengalami
kemunduran. Pemerintahannya kurang mendapat simpati wataknya yang
otoriter seperti ramondanya KA Bustam yang keras hingga banyak tak di
sukai oleh penduduk juga para pedagang dan pendatang.
Sikap itu membuat adiknya yaitu KA Usman menjauhi istana dan mendirikan
pemukiman baru di sungai Cerucuk. Sikap itu pula yang membuat Ngabehi
Belantu mesti mengantarkan upeti dan tunduk ke Palembang tidak ke Balok,
namun di masa berikutnya sudah menjadi tradisi maka Ngabehi Belantu
mengantar upeti ke Mentok karena Palembang oleh Sultan Badarrudin
menyerahkan Mentok pada Wan Abduljabar dari Johor sejak tahun 1724.
Sikap masyarakat di kerajaan Balok terpecah menjadi dua hingga mereka
yang tidak puas dengan pemerintahan KA Abudin mengadu kepada KA Usman.
Karenanya, KA Usman meminta bantuan pada Sultan Palembang, pengaduan ini
membuat KA Abudin marah hingga pertentangan tak terhindarkan.
Perkelahian tak dapat ditawar, peristiwa ini dikenal dengan sebutan
“begaris tanah†tak ada yang kalah dalam peristiwa di tepi sungai
Berutak ini. Namun utusan Palembang telah datang menjemput KA Abudin. KA
Abudin tidak diperkenankan pulang ke Belitung, ia menikah lagi di
Palembang. Keturunan KA Abubin hingga kini tetap menyandang gelar KA
atau Ki Agus. Raja ke V ini meninggal di Palembang dan dimakamkan di
Pelayang.
Konsekwensi atas bantuan Sultan Palembang kepada KA Usman ini,
menyebabkan KA Usman mesti mengirimkan 1000 (seribu) keping besi ke
Palembang pada setiap tahunnya.
KA Usman kemudian membagi wilayah kekuasaan kepada anak-anak KA Abudin
yang ditinggalkan. Yang tertua KA Rantie tetap mendiami Balok, KA Gunong
Kurung berdiam di gunung labu tempat asal neneknya Putri Gunong Labu.
KA Munti di beri wilayah di sekitar Gunung Petebu sekarang Parit Tebu
(cikal bakal distrik Lenggang, wilayah ini kaya oleh tambang besi di
gunung Selumar), dan Nyi Ayu Muncar ikut tinggal ke salah seorang
abangnya.
Oleh KA Usman, KA Munti yang kemudian dinikahkan dengan Nyi Ayu Busu
yaitu anak dari KA Usman sendiri. Perkawinan antar sepupu ini
dimaksudkan agar kedua keluarga yang dulu berseteru kini kembali dekat.
Perkawinan itu melahirkan KA Luso, NA Tenga, NA Kumal. KA Luso kemudian
menurunkan KA Jalil. Keluarga ini dikenal dengan sebutan bangsawan
Gunong Petebu.
Tahun 1755-1785, Depati Cakraninggart VI, KA Usman, pada masa beliau
pusat pemerintahan dipindahkan dari hulu sungai Balok ke hulu sungai
Cerucuk yang di kenal dengan sebutan Kota Karang . Di saat membuka lahan
dan membangun Cerucuk maka mesti membuat dermaga dengan kade-kade di
tepian sungai agar kapal dan perahu bisa ditambatkan dengan baik.
Pembuatan dermaga ditepian sungai ini memerlukan banyak sekali kayu yang
digunakan untuk cerucuk atau penahan pinggiran. Dengan banyaknya kayu
cerucuk ini maka sungai ini pun kemudian oleh para pelayar yang berlabuh
di situ menyebutnya dengan nama sungai Cerucuk.
Pada masa pengurukan tanah untuk dermaga, bijih timah tanpa sengaja
diketemukan di sini. Berita ditemukannya bijih timah ini sampai pula
kepada residen Palembang De Herre hingga pada tahun 1759 mendarat dekat
Tanjungpandan untuk beberapa jam meneliti tanahnya. Tapi ia kemudian
menyimpulkan bahwa tidak ada bijih timah di sana (koppong erts) timah
kopong adalah pasir yang mirip pasir timah tapi tak memiliki kandungan
timah. Konon, pengkopongan pasir timah bisa dilakukan oleh para dukun
tanah di Belitung.
Pada masa KA Usman bijih timah digali secara tradisional dengan
teknologi yang dipelajari dari penduduk Bangka (penduduk Bangka yang
sudah dewasa mesti memberikan pajak timah kepada Sultan Palembang yang
disebut timah tiban) penggalian bijih timah itu dikenal dengan sebutan
sumur palembang.
Meskipun begitu bijih timah ini belum bisa dilebur di Belitung maka
mesti dilebur di Singkep dulu baru kemudian diperdagangkan ke Johor dan
Malaka. Namun nampaknya bijih timah belum menjadi komoditi utama pada
masa ini dibandingkan dengan penggalian bijih besi yang sudah digali
sejak lama.
Pada tahun 1784, di muara dekat pulau Kalamoa, berlabuhlah armada perahu
delegasi dari Palembang dipimpin oleh Syarbudin hendak menuju Kota
Karang. Rombangan armada perahu KA Usman datang menjemput tapi sekonyong
muncul pula armada bajak laut dari arah lain yang dipimpin oleh Syaid
Ali dari Siak*) maka pertempuran tak terhindarkan, KA Usman tewas dan
mayatnya tak diketemukan hingga beliau dikenal dengan sebutan Depati
Hilang dilaut. Perairan laut menjadi tidak aman oleh bajak laut.
Sejak kematian KA Usman pengiriman upeti berupa bijih besi ditiadakan
hubungan Belitung dengan Palembang terputus, Bangka mengalami hal yang
sama apalapi para bajak laut selalu merampok tambang-tambang timah di
Bangka, terutama bajak laut dari Lingga yang dipimpin oleh Panglima
Raman.
Tahun1785-1815, Depati Cakraninggrat VII KA Hatam memerintah.
menggantikan ramondanya KA Usman yang tewas di laut . KA Hatam,
mendatangkan para penggali timah dari China di Johor lewat Tumasik.
Hubungan dengan orang China ini, menyebabkan KA Hatam mengambil istri
kedua seorang China yang kemudian menjadi mukhalaf dengan gelar Dayang
Kuning.
Perdagangan timah terus berlanjut secara diam-diam setelah dilebur di
Singkep kemudian dibawa ke Johor dan Malaka lewat Tumasik. Seorang akhli
pertimahan bernama Tuk Munir dari Singkep didatangkan.
Tahun1786, setelah Inggris menguasai Pulau Pinang dan sekitarnya,
perdagangan timah dari Belitung dihentikan oleh Depati sendiri.
Palembang mulai dipengaruhi Inggris untuk mengusir Belanda, Inggris
memberikan bantuan persenjataan hingga pada 14 September 1811 terjadi
pembunuhan besar-besaran terhadap orang Belanda. Pada tahun 1812 Inggris
menguasai Palembang.
Tahun 1813, Inggris oleh Sir Thomas Stamford Raffles memerintahkan
Jendral Gillespie menguasai Palembang, terus Mayor W. Robinson meduduki
Bangka kemudian mengutus Tengku Akil dari Siak guna menguasai Belitung.
Tengku Akil mendapat perlawanan, dalam peretempuran itu Depati KA Hatam
tewas dengan kepala terpotong atau terkerat. Anaknya yang masih berusia
muda, KA Rahad dan beberapa saudaranya yang lain berhasil diselamatkan
sepupunya KA Luso. KA luso dan orang-orang berhasil mengusir Tengku
Akil hingga tengku Akil lari ke bersembunyi di Pulau Lepar dan kemudian
tahun 1820 Tengku Akil menjadi kaki tangan Belanda di Bangka tapi
mendapat perlawanan pula oleh Demang Singa yuda dan Juragan Selan hingga
perahu dan pasukannya ditenggelamkan.
*) Berdasarkan Verhandelingen Van Het Bataviaasch Genootschap; Raja yang
bertahta pada sekitar tahun 1780 adalah raja Ismail, ia merupakan salah
seorang bajak laut terbesar. Sejak dulu Siak adalah kerajaan maritim
yang kuat. Satuan-satuan angkatan Siak sering menyerang Johor, Malaka,
dan berbagai tempat di pantai barat dan timur semenanjung. Sebagian
besar daerah-daerah timur Sumatra dari Langkat sampai Jambi, konon
takluk pada Siak. - William Marsen “Sejarah Sumatra†.hal.211.
Terjemahan A.S Nasution dan Mahyudin Mendim. PT.Remaja Rodakarya,
Bandung, Th. 1999.
Tahun 1821-1854, masa perjuangan dan pemrintahan Depati Cakraninggrat
VIII, KA Rahad. Upaya Hindia Belanda untuk menguasi Belitung dan mencari
bijih timah.
Setelah KA Hatam meninggal, terjadi ketidak lancaran pemerintahan karena
KA Rahad yang masih muda untuk menjadi raja. Para pekerja parit timah
di cerucuk mengungsi dengan membuka pemukiman baru di tepi Sungai
Seburik.
Pada 20 pebruari 1817 Palembang diserahkan kembali oleh Inggris ke
Belanda. Kemudian pada 21 Oktober 1821, datanglah Syarif Mohamad dari
Palembang guna membuka jalan bagi masuknya Belanda ke Belitung dan
mengibarkan untuk pertama kali bendera Belanda di Tanjung Simba. Syarif
Mohamad mencoba untuk menguasai kedudukan Depati KA Rahad yang masih
berusia muda, tapi upaya itu tak berhasil.
Tahun 1822, Kapten bangsa Belgia, J.P. de la Motte datang dengan
pasukannya, mendarat di Tanjung Gunung, namun ia dapat diusir oleh KA
Rahad hingga bergabung dengan Syarif Muhamad di Tanjung Simba.
KA Rahad dan orang-orang mendirikan benteng di Tanjung Gunung karena
benteng Kute di Cerucuk terlalu jauh untuk berhadapan dengan orang asing
yang masuk ke Belitung lewat muara sungai cerucuk.
Kekhawatiran J,P. De la Motte cukup beralasan untuk menghadapi KA Rahad
di Tanjung Gunung maka dengan bantuan orang-orang China di Seburik, ia
membangun Benteng di Tanjung Simba (Belakang Museum Tanjungpandan)
Tahun 1823, J.P. de la Motte meninggalkan Belitung karena usahanya untuk
menemukan bijih timah gagal dan ia digantikan oleh J.W. Bierschel yang
dikawal oleh Kapten Kuehn.
J.W. Bierschel menjadi asisten resident pertama dari resident yang ada
di Mentok Bangka. J.W. Bierschel dalam kepentingannya mencari bijih
timah. Pegawai Hindia Belanda ini cukup lunak dan bijaksana dalam
menghadapi KA Rahad dan orang-orangnya. Ia bahkan mengusulkan agar
hak-hak KA Rahad diakui oleh Pemerintah Hindia Belanda. Sikap Lunak ini
membuat KA Rahad memberikan kesempatan untuk tinggal di Benteng Tanjung
Gunung. Dan KA Rahad kemudian membangun rumah kediaman barunya (menurut
manuskrip KA Abdul Hamid tahun 1934, istana KA Rahad antara Palmenlaan
dan Heerenstraat) di situlah Depati KA Rahad mulai mengendalikan
pemerintahannya, nampaknya ini awal berdirinya kota Tanjungpandan.
Sikap akomodatif dari asisten resident J.W. Bierschel terhadap KA Rahad,
membuat Syarif Muhamad merasa tidak senang karena seolah mengacuhkan
dirinya yang sebelumnya telah dipercayakan untuk menguasai Belitung dan
Syarif Muhamad pun pulang pada tahun 1824 dan mengadukan tindak-tanduk
J.W. Bierscel kepada resident di Mentok hingga tahun 1826, J.W.
Biercshel ditarik pulang. Sebenarnya bukan alasan itu ia ditarik pulang
tapi karena untuk penghematan anggaran saja karena pencarian timah oleh
J.W. Bierschel gagal disebabkan Depati Rahad menolak untuk melakukan
penggalian-penggalian. KA Rahad takkan memberikan kesempatan penggalian
timah sebelum hak-hak kekuasaannya diakui oleh Belanda.
Resident menerima laporan jika tidak ada timah di Belitung, tapi Syarif
Muhamad mengetahui jika Depati KA Rahad tak memberikan kesempatan
penggalian. Maka pada tahun itu juga 1826, Syarif Muhamad dengan
pasukannya datang lagi ke Belitung, tapi ia dapat di halau hingga
kembali ke Bangka tapi kemudian ia berhasil dibunuh hingga tewas di
Mentok
Belitung kembali kosong dari kaki tangan Belanda tapi bendera Belanda di
Tanjung Simba mesti tetap tegak. Karena itu, untuk menggantikan
kekosongan maka Belitung diserahkan oleh Belanda kepada Syarif Hassim
dari Lingga. Namun Syarif Hassim tak berumur panjang, ia tewas pula dan
dimakamkam di sebelah penjara TanjungPandan.
Tahun 1830, Belanda di Palembang melihat ketidakmampuan resident Mentok
untuk mengendalikan Belitung dibawah Depati KA Rahad. Maka Belanda
mengutus Syarif Hasan, tapi pada tahun 1835. Syarif Hasan melarikan diri
dan melaporkan semua kegagalan upayanya untuk menundukkan Depati KA
Rahad. Untuk keberapa kalinya resident Belanda di Mentok kewalahan tapi
Belitung tetap dibawah tangungjawabnya, karenanya tahun 1837 oleh
Belanda, Belitung dipercayakan kepada Mas Agus Mohamad Asik dari Pulau
Lepar. Tapi ia juga hanya bisa bertahan sampai awal tahun 1838.
Mas Agus Mohamad Asik, sesungguhnya tidak mengadakan perlawanan terhadap
Depati KA Rahad. Tapi ia tidak disukai di Belitung karena ia adalah
keturunan bajak laut, rupanya dendam terbunuhnya Deptai KA Usman oleh
para bajak laut masih diingat oleh kelurga depati. Bukan saja itu pada
masa itu juga, pemerintah pusat Belanda di Batavia, memberikan tugas
khusus kepada J.J Roy seorang Prancis, guna membasmi bajak laut yang
berada di perairan Belitung. J.J. Roy kemudian mengetahui jika Palembang
lewat Adipati atau menteri utamanya terang-terangan melindungi para
bajak laut. Atas jasa inilah J.J Roy menjadi resident sementara di
Pelembang.
Pada tahun itu juga sebelum bulan Juli. Belanda mengirim tim ekspedisi
yang dipimpin oleh Kolonel P.C. Riedel, guna menyelidiki dan mencari
tahu tentang sikap Depati yang tak dapat ditundukkan oleh sekian orang
pemimpin baik Belanda atau pun pribumi sendiri. Namun KA Rahad tidak mau
bertemu dengan Kolonel P.C. Riedel. Namun ia nampaknya sudah cukup
mendapat keterangan dari beberapa pihak atas keinginan KA Rahad. Maka
P.C. Riedel juga mendengar anjuran Residen Bangka de Haase serta mantan
asistent residen Belitung J.W. Bierschel, agar mengakui hak-hak KA Rahad
sebagai Depati Belitung maka 1 Juli 1838, KA Rahad diakui Belanda
sebagai Depati Belitung.
Setelah KA Rahad diberi keleluasaan memegang pemerintahan, beliau
membagi wilayah Belitung menjadi 6 distrik yang sebelumnya baru ada 4
ngabehi. Agaknya KA Rahad mulai menggunakan istilah distrik untuk
mengganti istilah ngabehi karena Belanda mulai mendata wilayah itu
dengan menulis dan menyebutkan kata distrik untuk wilayah Ngabehi. 2
distrik baru itu adalah Tanjungpandan dan Lenggang. Kedua distrik ini
tidak dipimpin oleh ngabei tapi langsung oleh keluarga raja, Disrik
Tanjungpandan dipimpin oleh KA Mohamad Saleh, sedangkan Distrik Lenggang
oleh KA Luso karena wilayah Lenggang sudah diwariskan oleh Depati
Cakraninggrat VI KA Usman kepada KA Munti, ramonda KA Luso.
Tahun 1850 Dr. J.H. Croockewit diutus oleh pemerintah Hindia Belanda
untuk mengadakan lagi penyelidikan adanya kemungkinan bijih timah di
Belitung, namun sekali lagi ia gagal dan tidak mendapat bantuan dari
Depati Rahad ataupun dari rakyat. Pada 28 juni 1851. Para eksplorer
timah berangkat dari Mentok dengan membawa surat resmi kepada Depati KA
Rahad. Mereka adalah, J.F. Loudon, Van Tuyll, Corns de Groot, dan Den
Dekker. Nampaknya Depati KA Rahad masih tetap mengatakan jika bijih
timah tidak ada di Belitung, namun tentu saja para ekplorer ini tidak
puas dan mengatakan jika misi mereka tidak berhasil maka akan ada misi
berikutnya yang akan datang sampai timah ditemukan.
Den Dekker terus mencari tahu dari penduduk dan ia mendapat keterangan
jika ada seorang melayu yang akan menunjukkan adanya timah di Beltiung,
orang itu dulunya pekerja parit timah pada KA Hatam di Cerucuk, Tuk
Munir dari Singkep. Tuk Munir lah yang menunjukkan adanya timah di dekat
sungai Seburik.
Maka terbukalah rahasia yang selama ini dijaga oleh Depati KA Rahad. Dan
KA Rahad tak dapat menghindar lagi kemudian memerintahkah kepada
orang-orangnya untuk menunjukkan di mana saja ada terdapat bijih timah.
Sejak itu terjadilah kerjasama pencarian bijih timah ke seluruh penjuru
pulau Belitung dilakukan dengan didampingi oleh KA Luso dan KA Jalil
sebagai mewakili Depati.
Para Pencari bijih timah yang dapat bekerjasama dengan baik pada
keluarga depati, dan penggalian-penggalian mulai dilakukan. Kandungan
timah di Belitung begitu banyak sehingga resident Bangka mulai
menunjukkan gelagat untuk mengatur Belitung.
Tahun 1852 Atas desakan J.F. Loudon, Belitung memisahkan diri dari
keresidenan Bangka dan bertanggungjawab langsung ke Batavia. Ini
merupakan satu-satunya asistent residen di Hindia Belanda yang tidak
menjadi bawahan resident.
Tahun 1854 Depati KA Rahad meninggal dunia, di makamkan di Air Labu Kembiri.
Tahun 1856-1873, Depati Cakraninggrat IX, KA Mohamad Saleh alias KA
Saleh, menggantikan abangnya KA Rahad karena tidak menurunkan putra
mahkota. Naiknya KA Saleh maka posisi kepala distrik Tanjungpandan
dipegang oleh KA Jalil.
Tahun 1856, orang-orang China mulai didatangkan secara berkala untuk menjadi pekerja parit timah di Belitung.
Tahun 1860, 15 November, perusahaan penambangan timah berdiri dengan
nama Billiton Maatschappy. Depati KA Mohamad memiliki saham atas parit
timah di Bengkuang. Parit Bengkuang ini merupakan cikalbakal lahirnya
Kota Manggar.
Tahun 1864, ekploitasi timah mulai diusahakan hampir di seluruh
Belitung, pada masa ini jalan raya yang menghubungkan ke semua distrik
dibangun dibawah pengawasan KA Jalil. Pembangunan jalan ini menghabiskan
waktu 8 tahun dengan janji oleh Belanda bahwa usai pembangunan jalan,
penduduk Belitung akan disejahterakan.
Tahun 1866, Billiton Maatschappy masih terus mendatang pekerja dari
China hingga berjumlah 2724 orang. Banyaknya orang China ini maka oleh
Belanda perlu pengawasan oleh komunitas mereka sendiri. Di Wilayah
Tanjungpandan dipimpin oleh Kapten Ho A Jun dan di Manggar di pimpin
oleh seorang Letnan China serta di beberapa wilayah penambangan yang
disebut dengan “wijkmeester†. J.F Loudon juga mempekerjakan seorang
jurutulis China Phang Tjong Tjun.
Tahun 1870, di tepi Sungai Seburik dibangun dermaga tempat tambat kapal, juga dibukanya sekolah untuk orang Tionghoa.
Tahun 1870-1875, penduduk diharuskan menanam pohon kelapa.
Tahun 1870, mesjid Jami’ Tanjungpandan dibangun.
Tahun 1871, didirikan gedung sositet di Tanjungpandan
Tahun 1872, 12 Oktober, jalan raya di seluruh Belitung selesai dibangun dibawah pengawasan KA Jalil.
Tahun 1873, KA Saleh sudah uzur, mengundurkan diri jadi depati. Pada
tahun ini juga Pangkat Depati dihapuskan oleh Belanda. Dan semua tugas
pemerintahan dialihkan kepada KA Jalil.
Tahun 1874, KA Jalil menagih janji pada Belanda tentang kesejahteraan
rakyat Belitung maka sekolah rakyat pertama dibangun, dengan dua kelas
di Tanjungpandan.
Tahun 1876, KA Saleh meninggal dunia dan tak menurunkan putra mahkota,
beliua dimakamkan dekat makam ramondanya KA Rahad di Cerucuk
Tahun 1879, sekolah rakyat dibangun di Manggar sebanyak dua kelas.
Tahun 1879-1890, Depati Kepala Distrik Belitong, KA Endek.
Setelah KA Saleh meninggal dan pemerintahan digantikan oleh KA Jalil,
tapi kemudian Pemerintah Hindia Belanda sekonyong-konyong mengeluarkan
surat keputusan dengan Belsuit GG tgl 17 Januari 1879 No. 9, untuk
mengangkat KA Endek menjadi Depati Kepala Distrik Belitong. Keputusan
ini membuat ketidak senangan dari KA Jalil karena setelah Depati KA
Saleh berhenti dari jabatan depati, Belanda telah menyerahkan
pemerintahan kepada dirinya.
Alasan pengangkatan KA Endek jelas sekali karena karir KA Endek seorang
administratur jika dibandingkan dengan KA Jalil yang menurut Belanda
hanya cakap secara adat untuk menguasai rakyatnya. Karena itu, secara
adat para ngabehi di tiap distrik hanya setia pada KA Jalil hingga
beliau meninggal tahun 1887, dan dimakamkan di pekuburan Nunuk
Tanjungpandan.
Karir KA Endek yang bekerja pada instansi Belanda dimulai menjadi kepala
polisi dengan Belsuit GG tgl 19 Agustus 1854 No.2. kemudian menjadi
Hoofd Jaksa dengan Belsuit GG tgl 26 Agustus 1867 No 5. Dengan memakai
kekuasaan KA Endek yang menjadi depati kepala kepala distrik, Belanda
menerapkan pajak kepada rakyat Belitung yaitu, Pajak kepala,
Heerendienst dan Gardoedienst. Pajak itu mulai berlaku tahun 1881.
Dengan bertambahnya pendapatan rakyat maka dikenakan pula macam-macam
cukai seperti Pachter, Candu, Arak, Babi, Perjudian, dan lain-lainnya.
Pada tahun 1890, KA Endek diberhentikan dengan Belsuit GG 5 April 1890
No.6 dan atas jasanya ia diberi lencana emas kecil yang bertuliskan
“Ngabehi KA Endek†setahun kemudian beliau berangkat ke Tanah Suci
Mekkah dan meninggal dunia di sana.
Karena kedudukan dan pangkat depati dihapuskan Belanda maka untuk
menjaga hubungan baik antara pemerintahan Belanda dengan keluarga raja
maka semua kepala distrik diangkat dari keluarga Depati Cakraninggrat,
akibatnya beberapa distrik yang sebelumnya dipimpin oleh turunan ngabehi
dihapus kekuasaannya oleh Belanda.
Pada Tahun 1890, distrik Sijuk dan Belantu dihapuskan menjadi kelurahan.
Namun Distrik baru pun dimunculkan oleh Belanda yaitu Manggar dan
Dendang. Distrik yang dipertahankan adalah Buding, Badau, Lenggang, dan
Tanjungpandan, semua kepala distrik ini digaji oleh pemerintah Hindia
Belanda.
Pada Tahun 1892, Sebutan “Ngabehi†sebagai kepala distrik dihapuskan
oleh Belanda maka mulai saat itu hanya dikenal kepala distrik saja
meski pun begitu, sebutan untuk Ngabehi kepada kepala distrik secara
adat tetap dipakai oleh rakyat, namun kemudian redup ditelan zaman.
Tahun 1896, di Manggar dibangun gereja katolik kecil di Samak.
Tahun 1898, moderninasi alat-alat perusahaan timah, adanya lokomobil,
serta hubungan telpon.Tahun 1903, adanya pesawat telegram untuk
berhubungan dengan Pulau Jawa. Tahun 1905, Distrik Kelapakampit muncul
dan penduduk pribumi Belitung menjadi 39.483 sedangkan peduduk China
berjumlah 22.670 karena itu dibutuhkan sekali untuk menempatkan seorang
“Civil Gezaghebber†di Manggar sebagai pembantu asisten resident.
Tahun 1908, didatangkan mobil pertama ke Belitung.
Tahun 1909, pembangkit listrik dibangun di Manggar (EC)
Tahun 1914-1918 pembukaan sekolah rakyat di Sijuk, Dendang, Lenggang,
serta di Tanjungpandan dibuka H.I.S (Hollandsch Indonesische School)
Tahun 1915, pencanangan hutan cadangan, adanya pelarangan penebangan kayu di hutan lindung.
Tahun 1915, pasar Manggar terbakar seluruhnya.
Tahun 1917, pembangunan gedung sandiwara di Tanjungpandan, gedung ini
kemudian menjadi bioskop Garuda, kini pasar swalayan Puncak.
Tahun 1921, harga timah merosot setelah berakhirnya perang Dunia I, maka
Hindia Belanda mengadakan penghematan besar-besaran terhadap
anggarannya
Tahun 1921, Demang pertama KA Abdul Adjis. Tepatnya tanggal 28 Juni 1921
asistent resident ALM Clignett, menjadikan Belitung Rechte Gemeencshap
Billiton, berkedudukan di Tanjungpandan dan dipimpin oleh seorang
Demang, serta asistent demang yang berkedudukan di Manggar dan Dendang.
Ini bagian dari penghematan anggaran pemerintah Hindia Belanda sesudah
perang dunia I.
Tahun 1924, tanggal 9 September. Billiton Maatschappy diubah menjadi NV
GMB atau NV. Gemeenscha Pelyke Mynbouw Maatschappy Billiton.
Tahun 1926, Raad Van Beheer NV GMB mendirikan Dana Kesejahteraan Rakyat
Belitung (Bevolkingsfonds Billiton) guna mengenang 75 tahun berdirinya
Maatschappy Billiton. Dana tersebut digunakan untuk bidang pendidikan,
kesehatan, dan ekonomi rakyat Belitung maka didirikan Jawatan kesehatan
Rakyat, kemudian Sekolah pertukangan (Ambaschtscursus) di Manggar.
Tahun 1927, asistent resident mengadakan sekolah desa pertama.
Tahun 1929, diusahakan untuk membuat perkebunan lada.
Tahun 1930-an Belitung tekena juga dampak krisis dunia, pertambangan
timah banyak ditutup dan para pekerja diberhentikan, termasuk
pertambangan bijih besi dan tembaga di Gunung Selumar.
Tahun 1933, 1 Maret, Belitung menjadi Onderafdeling dari dari
Keresidenan Bangka, sejak terpisah tahun 1852 karena tahun 1852 asistent
resident Belitung langsung bertanggungjawab ke Batavia. Tahun itu juga
kedudukan dan pangkat “Civil Gezaghebber†di Manggar ditiadakan.
Tahun 1935, Belitung dibagi menjadi dua distrik, Belitung Barat dan Belitung Timur masing-masing dikepalai seorang Demang.
Tahun 1935, Demang membuat kebijakan membuka percobaan perkebunan,
singkong, kacang, jagung, dan pepaya yang bibitnya didatangkan dari
jawa.
Tahun 1936, Demang pula membuat kebijakan pembukaan sawah di Perpat, Mentigi, tapi mengalami kegagalan.
Belitung menerima dampak perang dunia II dan harga timah melonjak
Tahun 1940, Jerman menduduki negeri Belanda maka Hindia Belanda mesti membuat kebijakan sendiri.
Tahun 1941, Hindia Belanda menyatakan perang kepada Jepang.
Tahun 1942, 28 Februari, Jepang melakukan serangan udara terhadap
Belitung. Ini menimbulkan kepanikan luar biasa, sekolah ditutup,
orang-orang kota bersembunyi ke hutan dan kampung-kampung. Orang Eropa
dievakusi ke Jawa, dua buah kapal yang membawa mereka ditenggelamkan.
Tahun 1942, 10 April, Jepang masuk ke Belitung, pegawai NV GMB di
internir. Demang KA. Moh.Yusup ditunjuk Jepang sebagai Pengganti
asistent residen untuk waktu tiga bulan dan bertanggung jawab kepada
komandan militer.
Tahun 1943, Januari, sekolah-sekolah dibuka lagi, upaya mendatang bahan
makanan untuk rakyat. Perbaikan besar-besaran terjadi termasuk pembukaan
tambang-tambang timah. NV GMB dirubah menjadi MKK yaitu “Mitsubishi
Kogyoka Kaishaâ€. Tambang terowongan di Gunung Selumar dibuka lagi
khusus untuk menggali bijih besi dan tembaga.
Tahun 1943, peladangan padi dibangun Jepang di Perpat selama 6 bulan dan menghasilkan 800 ton padi ladang.
Tahun 1943, Jepang membuka pelabuhan bebas, Belitung berkembang pesat
dan ramai, dibuka sekolah pertukangan perahu di Manggar. Dan
perahu-perahu 50 ton ke atas dibangun.
Tahun 1943, Pelabuhan udara di Buluh Tumbang dibangun untuk kepentingan
militer, sampai akhir perang dunia II sarana itu belum selesai.
Tahun 1945, Jepang membentuk Badan Kebhaktian Rakyat yang bertugas
membantu pemerintahan jepang, badan ini dibubarkan usai perang.
Tahun 1945, 6 September, pejabat kepala daerah mendapat surat kawat
dari resident Bangka, berisi tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,
dan perintah untuk membentuk Komite Nasional Indonesia yang bertugas
mengambil alih kekuasaan dari tangan Jepang, namun Jepang meninggalkan
Belitung sudah pada bulan Agustus. Komite belum terbentuk
Tahun 1945, KA Moh. Yusup pulang dari Bangka bersama dengan R.M Joedono,
mengambil alih pimpinan pemerintahan dan segera mengadakan rapat-rapat
dengan pemuka rakyat, juga tiga orang utusan Resident Bangka untuk
segera membentuk Komite Nasional Indonesia.
Tahun 1954, 18 Oktober, dengan pesawat terbang, 3 orang mantan pegawai
GMB mendarat di Tanjungpandan dan langsung menuju kantor pemerintahan
daerah yang saat itu sedang diadakan pembentukan Komite Nasinal
Indonesia, pada hari itu komite terbentuk.
Tahun 1954, 21 Oktober, Belitung diduduki tentara Belanda yang
membonceng tentara sekutu. Perintah resident Bangka untuk menyambut
mereka dengan baik, tapi masyarakat melakukan perlawan pasif. Ada
rencana melakukan perlawanan aktif yang diatur oleh R Margono, dia
mantan polisi.
Tahun 1945, 24-25 Nopember pasukan rakyat dari Sijok, Aik Selumar, Aik
seruk, bergerak ke pusat kota TanjungPandan untuk menyerbu tentara
Belanda, perlawanan tak seimbang menghadapi senjata moderen Belanda
hingga ada yang gugur dan penyerbuan itu pun mundur. Atas perlawan ini
beberapa pemimpin rakyak ditangkapi oleh Belanda.
Tahun 1945, 14-19 Desember, perlawanan terhadap tentara Belanda yang
dipimpin oleh FFJ. Manusama terjadi di Pulau Mendanau, guna menghadang
pendaratan tentara Belanda yang menggunakan kapal perang “Admiraal
Tromâ€
Tahun 1946, Belanda membentuk “Dewan Belitung Sementara†diketuai kepala pemerintahan Belanda.
Tahun 1947, Desember, Dewan Belitung Sementara menjadi Dewan Belitung
yang beranggotan 18 orang, diketuai oleh KA Moh.Yusup. Sejak itu
Belitung menjadi otonom yang langsung berada dibawah pemerintah pusat
Jakarta.
Tahun 1947, selama 4 bulan pegawai GMB mengadakan pemogokan untuk
memprotes pendudukan tentara Belanda di Belitung. Karena aksi ini maka
GMB mengadakan perubahan kebijakan terhadap pegawainya dengan memberikan
berbagai insentif. Selanjutnya melakukan modernisasi terhadap alat-alat
produksinya.
Tahun 1948, Januari, Dewan Belitung bergabung dengan Dewan Bangka dan
Dewan Riau, menjadi satu Negara Federasi BABERI (Bangka Belitung Riau)
yang disyahkan pada 23 Januari 1948. Sebagai Negara Federal Bangka
Belitung dan Republik Inonesia Serikat (RIS) mengirim utusan dalam KMB
(Konprensi Meja Bundar di Den haag Belanda, tahun 1949) mewakili Bangka
oleh Saleh Acmad dan Dr, Liem Chai Lie dan mewakili Belitung KA Moh.
Yusup.
Tahun 1950, 4 April, Dewan Belitung dibubarkan bersamaan bubarnya Negara
Federal dan Belitung bergabung dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
Tahun 1950, 21 April, Perdana Menteri Dr. Halim bersama dengan Gubernur
sumatera Selatan Dr. M. Isa berkunjung ke Bangka. Dan Bangka Belitung
diserahkan kepada gubernur Sumatera Selatan untuk menjadi bagian
Provinsi Sumatera Selatan. Keputusan itu baru tertuang dalam
Undang-Undang Darurat No. 3. Tahun 1956.
Tahun 1950, 27 April, Presiden Soekarno mengunjungi Belitung.
Tahun 1968, 29 September, di Hotel Tanjung Kelayang diadakan rapat,
dihadiri utusan Kabupaten Bangka, Kodya Pangkalpinang, Kabupaten
Belitung, guna persiapan Pembentukan Provinsi Bangka Belitung,
memisahkankan diri dari Provinsi Sumatera Selatan, munculnya Deklarasi
Tanjung Kelayang.
Written By :
Direktur Bidang Lintas Sosial Budaya Sapir Institute
0 komentar:
Posting Komentar