Rabu, 16 Januari 2013

6500 Personel TNI-Polri Aceh Gelar Apel Gabungan


Sebanyak 6500 personel TNI-Polri jajaran Kodam Iskandar Muda dan Kepolisian Daerah Aceh menggelar apel gabungan Se-wilayah Aceh di Lapangan Neusu Jasdam IM, Banda Aceh, Senin (14/01). Apel gabungan ini digelar dalam rangka menjaga dan memelihara solidaritas dan kebersamaan TNI-Polri di Provinsi Aceh.
Menurut Pangdam IM Mayjen TNI Zahari Siregar yang menjadi pimpinan apel menyampaikan bahwa, tantangan tugas di Tahun 2013 ini tidaklah ringan. TNI Polri menghadapi berbagai isu global dan regional dengan dominasi persoalan ekonomi dan politik yang kemudian menyentuh aspek pertahanan dan keamanan. “Yang menjadi perhatian kita bersama adalah dampak permasalahan global, regional maupun lingkup nasional sendiri seperti masalah bencana alam, perubahan cuaca, aksi kelompok radikal, konflik horizontal/komunal dan sengketa perbatasan yang tentunya akan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap aspek kehidupan di Provinsi Aceh ini”, jelas Pangdam IM.
Pangdam IM juga menjelaskan berbagai bentuk peningkatan kebersamaan TNI-Polri jajaran Kodam IM dan Polda Aceh adalah melalui kegiatan bhakti sosial, olah raga bersama dan kegiatan lainnya, sebagaimana yang tertuang didalam nota kerjasama kemitraan TNI-Polri di wilayah Aceh No:B/2551/X/2012 yang ditanda tangani Pangdam IM dan Kapolda Aceh pada tanggal 28 September 2012.
Melalui apel gabungan ini Pangdam IM dan Kapolda Aceh akan meningkatkan kemampuan kerjasama dalam penanggulangan bencana alam melalui latihan bersama di seluruh wilayah kabupaten/kota dengan melibatkan unsur TNI dan Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, sehingga akan memiliki kesiapan untuk menghadapi setiap kemungkinan terjadi bencana alam. Dengan demikian tindakan mitigasi bencana harus selalu dilaksanakan khususnya daerah rawan terjadi bencana, sehingga langkah antisipatif dapat dilaksanakan dengan baik.
Dalam kesempatan tersebut juga, Pangdam IM menyinggung mengenai Pencanangan Aceh di tahun 2013 sebagai tahun kunjungan wisata (Visit Aceh Year). Kodam IM dan Polda Aceh bertekad untuk mendukung program ini dengan tindakan anggota, antara lain dengan tetap menjaga stabilitas keamanan di Aceh.

0 komentar:

Posting Komentar